PENDAHULUAN
Model pembelajaran adalah
serangkaian kegiatan pembelajaran yang secara khas disajikan oleh guru guna
menciptakan iklim belajar yang lebih kondusif untuk mencapai tujuan
pembelajaran tertentu dan sebagai pedoman bagi guru dalam merancang dan melaksanakan
aktivitas belajar mengajar. Ketepatan pemilihan model pembelajaran akan
berdampak pada keberhasilan belajar siswa serta ketercapaiannya tujuan
pembelajaran. Dari pengertian model pembelajaran tersebut, model pembelajaran
dapat dipahami sebagai suatu desain, pola atau rancangan yang digunakan sebagai
pedoman dalam merencanakan pembelajaran dikelas.
Hal itu dilakukan untuk menciptakan
suasana yang menunjang agar siswa merasa bebas untuk merespon secara alami dan
teratur, dan tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Karena itu
pengkajian pemilihan model pembelajaran yang tepat menjadi hal yang perlu
dilakukan agar sesuai dengan karakteristik siswa dan pembelajaran yang akan
dilaksanakan.
A.
PENGERTIAN
MODEL PEMBELAJARAN SD/MI
Model merupakan contoh yang
digunakan para ahli dalam menyusun langkah-langkah dalam melaksanakan
pembelajaran,maka dari itu strategi pembelajaran merupakan bagian dari langkah
yang digunakan model untuk melaksanakan pembelajaran. Dalam hal ini model-model
pembelajaran yang dipilih dan dikembangkan guru hendaknya dapat mendorong siswa
untuk belajar dengan mendayagunakan potensi yang mereka miliki secara optimal.
Belajar yang kita harapkan bukan sekedar mendengar, memperoleh atau menyerap
informasi yang disampaikan guru.
Belajar harus menyentuh kepentingan
siswa secara mendasar. Belajar harus dimaknai sebagai kegiatan pribadi siswa dalam menggunakan potensi
pikiran dan nuraninya baik terstruktur maupun tidak terstruktur untuk memperoleh
pengetahuan,membangun sikap dan memiliki keterampilan tertentu. Penggunaan
model pembelajaran yang tepat dapat mendorong tumbuhnya rasa senang siswa
terhadap pelajaran,menumbuhkan dan meningkatkan mptivasi dalam mengerjakan
tugas,memberikan kemudahan bagi siswa untuk memahami pelajaran sehingga
memungkinkan siswa untuk mencapai hasil belajar yang lebih baik.
Sebagaimana sebelumnya sudah dibahas
bersama bahwa ukuran keberhasilan mengajar guru utama adalah terletak pada
terjadi tidaknya peningkatan hasil belajar siswa. Karena itu melalui pemilihan
model pembelajaran yang tepat guru dapat memilih atau menyesuaikan jenis
pendekatan dan metode pembelajaran dengan karakteristik materi pelajaran yang
disajikan. Hal penting yang harus selalu diingat bahwa tidak ada satu strategi
pembelajaran yang paling ampuh untuk segala situasi. Oleh sebab itu guru
dituntut untuk memiliki pemahaman yang komprehensip serta mampu menggambil
keputusan yang rasional kapan waktu yang tepat untuk menerapkan salah satu atau
beberapa strategi yang efektif kecermatan guru didalam menentukan model
pembelajaran menjadi semakin penting,karena pembelajaran adalah salah satu
proses yang kompleks yang didalamnya melibatkan berbagai ungsur yang dinmis.
Jadi, model pembelajaran adalah
serangkaian kegiatan pembelajaran yang secara khas disajikan oleh guru guna
menciptakan iklim belajar yang lebih kondusif untuk mencapai tujuan
pembelajaran tertentu.
Modelpembelajaran anak sd juga bisa dikatakan sebagai desain yang
menggambarkan proses rincian dan penciptaan lingkungan belajar yang kondusif
sehingga memungkinkan siswa untuk bisa berinteraksi dengan aktif yang akan
membuat mereka mengalami pengembangan diri.
B.
TUJUAN
MODEL PEMBELAJARAN SD/MI
1.
Meningkatkan
kinerja siswa dalam tugas-tugas akademik
2.
Agar
siswa menerima teman-temannya yang mempunyai berbagai macam latar belakang
3.
Mengembangkan
keterampilan social siswa
4.
Kemampuan
berfikir agar lebih tanggap,cermat,dan melatih daya nalar
5.
Membina
dan mengembangkan sikap ingin lebih tahu
6.
Mengembangkan
aspek koknitif,afektif dan pisikomotorik
7.
Mengembangkan
sikap, keterampilan kepervcayaan murid dalam memutuskan secara tepat dan
obyektif
8.
Meningkatkan
keaktifan siswa
9.
Meningkatkan
hasil belajar siswa
C.
FUNGSI
MODEL PEMBELAJARAN SD/MI
Beberapa
fungsi penting yang seharusnya dimiliki suatu model pembelajaran menurut Joyne
& Weil adalah sbb :
1.
Bimbingan, maksudnya suatu model pembelajaran
berfungsi menjadi acuan bagi guru dan siswa mengenai apa yang seharusnya
dilakukan,memiliki desian instruksional yang komprehensif, dan mampu membawa
guru dan siswa kearah tujuan pembelajaran.
2.
Mengembangkan kurikulum, maksudnya model
pembelajaran selanjutnya berfungsi untuk dapat membantu mengembangkan kurikulum
pada setiap kelas atau tahapan pendidikan.
3.
Spesifikasi alat pelajaran, maksudnya model
pembelajaran berfungsi merinci semua alat pembelajaran yang akan digunakan guru
dalam upaya membawa siswa kepada perubahan-perubahan perilaku yang dikehendaki.
4.
Memberikan perbaikan terhadap pembelajaran.
Maksudnya model pembelajaran dapat membantu meningkatkan aktivitas proses
belajar mengajar sekaligus meningkatkan hasil belajar siswa.
D.
JENIS-JENIS
MODEL PEMBELAJARAN SD/MI
Ada banyak model pembelajaran yang
dikembangkan oleh para ahli dalam usaha mengoptimalkan hasil belajar siswa.
Model pembelajaran tersebut antara lain terdiri dari :
1.
Model
pembelajaran kontekstual
Merupakan konsep belajar yang mendorong guru untuk menghubungkan
antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa. Pembelajaran ini
juga mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya
dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari pengetahuan dan
keterampilan siswa diperoleh dari usaha siswa mengkontruksi sendiri pengetahuan
dan keterampilan baru ketika siswa belajar.
2.
Model
pembelajaran kooperatif
Merupakan model pembelajaran yang merujuk pada berbagai macam
metodepembelajaran dimana siswa bekerja dengan kelompok-kelompok kecil untuk
saling membantu satu sama lain dalam mempelajari materi pelajaran.
3.
Model
pembelajaran kuantum
Pembelajaran yang dirancang dari berbagai teori atau pandangan
psikologi kognitif dengan menyingkirkan hambatan belajar melalui penggunaan
cara dan alat yang tepat sehingga siswa dapat belajar secara mudah dan alami.
4.
Model
pembelajaran terpadu
Merupakan pembelajaran yang memungkinkan siswa baik secara
individual maupun kelompo aktif mencari, menggali, dan menemukan konsep serta
prinsip secara holistic. Pembelajaran ini merupakan model yang mencoba
memadukan beberapa pokok bahasa.
5.
Model
pembelajaran berbasis masalah
Merupakan sebuah model pembelajaran yang menyajikan masalah
kontekstual sehingga peserta didik lebih semangat belajar. Fokusnya tidak
banyak pada apa yang sedang dikerjakan siswa tetapi pada apa yang siswa
pikirkan selama mereka mengerjakannya. Guru memfungsikan diri sebagai
pembimbing dan fasilitator sehingga siswa dapat belajar untuk berfikir dan
menyelesaikan masalahnya sendiri.
E.
MENENTUKAN
MODEL PEMBELAJARAN SD/MI YANG TEPAT
Menggunakan model pembelajaran
kooperatif , dimana dalam hal ini siswa bekerja sama dengan temanya yang telah
dibagi kedalam kelompok-kelompok kecil untuk mendiskusikan materi yang hendak
dibahas. Memilih model pembelajaran ini karena dapat melatih siswa untuk
bekerjasama dengan kelompoknya. Selain itu siswa juga dituntut untuk berfikir
secara mandiri dengan kelomponya,agar siswa dan kelompok nya dapat memecahkan
materi yang telah diberikan guru. Dalam hal ini guru hanya mengarahkan kepada
siswa, kemudian siswa dan kelompoknyalah yang menyelesaikan materi tersebut.
v
LATIHAN
Untuk memperdalam pemahaman anda
mengenai materi diatas kerjakanlah latihan berikut
1.
Jelaskan
pengertian model pembelajaran ?
2.
Apakah
tujuan dari model pembelajaran ?
3.
Sebutkan
fungsi model pembelajaran ?
4.
Sebutkan
jenis-jenis model pembelajaran ?
5.
Apa
pengertian dari model kooperatif ?
Petunjuk jawaban latihan
1. Modelpembelajaran
anak sd juga bisa dikatakan sebagai desain yang menggambarkan proses rincian
dan penciptaan lingkungan belajar yang kondusif sehingga memungkinkan siswa
untuk bisa berinteraksi dengan aktif yang akan membuat mereka mengalami
pengembangan diri.
2. Tujuan model pembelajaran
a.
Meningkatkan
kinerja siswa dalam tugas-tugas akademik
b.
Agar
siswa menerima teman-temannya yang mempunyai berbagai macam latar belakang
c.
Mengembangkan
keterampilan social siswa
d.
Kemampuan
berfikir agar lebih tanggap,cermat,dan melatih daya nalar
e.
Membina
dan mengembangkan sikap ingin lebih tahu
f.
Mengembangkan
aspek koknitif,afektif dan pisikomotorik
g.
Mengembangkan
sikap, keterampilan kepercayaan murid dalam memutuskan secara tepat dan
obyektif
h.
Meningkatkan
keaktifan siswa
i.
Meningkatkan
hasil belajar siswa
3.
Beberapa fungsi penting yang seharusnya
dimiliki suatu model pembelajaran menurut Joyne & Weil adalah sbb :
a. Bimbingan, maksudnya suatu model pembelajaran berfungsi menjadi acuan bagi
guru dan siswa mengenai apa yang seharusnya dilakukan,memiliki desian
instruksional yang komprehensif, dan mampu membawa guru dan siswa kearah tujuan
pembelajaran.
b.
Mengembangkan kurikulum, maksudnya model
pembelajaran selanjutnya berfungsi untuk dapat membantu mengembangkan kurikulum
pada setiap kelas atau tahapan pendidikan.
c.
Spesifikasi alat pelajaran, maksudnya model
pembelajaran berfungsi merinci semua alat pembelajaran yang akan digunakan guru
dalam upaya membawa siswa kepada perubahan-perubahan perilaku yang dikehendaki.
d.
Memberikan perbaikan terhadap pembelajaran.
Maksudnya model pembelajaran dapat membantu meningkatkan aktivitas proses
belajar mengajar sekaligus meningkatkan hasil belajar siswa.
4.
Jenis-jenis
model pembelajaran
a.
Model
pembelajaran kontekstual
b.
Model
pembelajaran kooperatif
c.
Model
pembelajaran kuantum
d.
Model
pembelajaran terpadu
5.
Merupakan
model pembelajaran yang merujuk pada berbagai macam metode pembelajaran dimana
siswa bekerja dengan kelompok-kelompok kecil untuk saling membantu satu sama
lain dalam mempelajari materi pelajaran.
v
RANGKUMAN
1.
Pengertian
Model Pembelajaran
Model merupakan contoh yang digunakan para ahli dalam menyusun
langkah-langkah dalam melaksanakan pembelajaran,maka dari itu strategi
pembelajaran merupakan bagian dari langkah yang digunakan model untuk
melaksanakan pembelajaran. Dalam hal ini model-model pembelajaran yang dipilih
dan dikembangkan guru hendaknya dapat mendorong siswa untuk belajar dengan
mendayagunakan potensi yang mereka miliki secara optimal. Belajar yang kita
harapkan bukan sekedar mendengar, memperoleh atau menyerap informasi yang disampaikan
guru.
2.
Tujuan
Model Pembelajaran
a.
Meningkatkan
kinerja siswa dalam tugas-tugas akademik
b.
Agar
siswa menerima teman-temannya yang mempunyai berbagai macam latar belakang
c.
Mengembangkan
keterampilan social siswa
d.
Kemampuan
berfikir agar lebih tanggap,cermat,dan melatih daya nalar
e.
Membina
dan mengembangkan sikap ingin lebih tahu
f.
Mengembangkan
aspek koknitif,afektif dan pisikomotorik
g.
Mengembangkan
sikap, keterampilan kepercayaan murid dalam memutuskan secara tepat dan
obyektif
h.
Meningkatkan
keaktifan siswa
i.
Meningkatkan
hasil belajar siswa
3.
Jenis-jenis
model pembelajaran
a.
Model
pembelajaran kontekstual
b.
Model
pembelajaran kooperatif
c.
Model
pembelajaran kuantum
d.
Model
pembelajaran terpadu
v
TES
FORMATIF
1.
Salah
satu jenis model pembelajaran di bawah ini adalah…
a.
Model
pembelajaran individu
b.
Model
pembelajaran kelompok
c.
Model
pembelajaran terpadu
d.
Model
pembelajaran IPA
2.
Pembelajaran
yang memungkinkan siswa baik secara individual maupun kelompok aktif mencari,
menggali, dan menemukan konsep serta prinsip secara holistic adalah …
a.
Model
pembelajaran kontekstual
b.
Model
pembelajaran kooperatif
c.
Model
pembelajaran kuantum
d.
Model
pembelajaran terpadu
3.
Agar
siswa menerima teman-temannya yang mempunyai berbagai macam latar belakang
termasuk …
a.
Latar
belakang
b.
Model
Pembelajaran
c.
Tujuan
model pembelajaran
d.
Fungsi
model pembelajaran
4.
Yang
bukan merupakan jenis model pembelajaran adalah …
a.
Model
pembelajaran kontekstual
b.
Model
pembelajaran kooperatif
c.
Model
pembelajaran kuantum
d.
Model
pembelajaran individu
5.
Dibawah
ini yang termasuk fungsi model pembelajaran menurut Joyne &
Weil adalah …
a.
Memberikan perbaikan terhadap pembelajaran
b.
Mengembangkan
keterampilan social siswa
c.
Meningkatkan
keaktifan siswa
d.
Meningkatkan
hasil belajar siswa
Cocokanlah jawaban anda dengan kunci
jawaban tes formatif 1 yang terdapat dibagian akhir modul ini. Hitunglah
jawaban yang benar. Kemudian, gunakan rumus berikut untuk mengetahui tingkat
penguasaan anda terhadap materi kegiatan belajar 1
Jumlah
jawaban yang benar
Tingkat penguasaan = X
100%
Jumlah soal
|
Arti tingkat penguasaan : 90 – 100% = baik sekali
80 – 89 % = baik
70 – 79% = cukup
< 70%= kurang
Apabila mencapai tingkat penguasaan
80% atau lebih, anda dapat meneruskan dengan kegiatan belajar 2. Bagus! Jika
masih dibawah 80% anda harus mengulangi materi kegiatan belajar 1, terutama
bagian yang belum dikuasai.
KUNCI JAWABAN TES FORMATIF
Tes
formatif 1 Tes
Formatif 2
1)
D 1) C
2)
D 2) D
3)
B 3) C
4)
C 4) D
5)
A 5) A
No comments:
Post a Comment