Wikipedia

Search results

Wednesday, June 14, 2017

Tahap - Tahap Perkembangan fisiologis dan Perkembangan Psikologis







Tahap perkembangan fisikologis manusia yang meliputi:

  1. Tahap oral;(umur 0 sampai sekitar 1 tahun).dalam tahap ini,mulut bayi merupakan daerah utama dari aktivitas yang dinamis pada manusia.
  2. Tahap anal;( antara umur 1 sampai 3 tahun).dalam tahap ini,dorongn dan aktivitas gerak individu lebih banyak terpusat pada fungsi pembuangan kotoran.
  3. Tahap falish;(antara umur 3 sampai sekitar 5 tahun ). Dalam tahap ini, alat-alat kelamin merupakan daerah perhatian yang penting ,dan pendorong aktivitas.
  4. Tahap latent:( antara umur 5 sampai 12 dan 13 tahun ). Dalam tahap ini ,dorongan-dorongan aktivitas dan pertumbuhan cebdrong bertahan dan sepertinya istirahat dalam arti tidak meningkatkan kecepatan pertumbuhan.
  5. Tahap pubertas;(antara umur 12/13 sampai 20 tahun ). Dalam tahap ini dorongan-dorongan aktif kembali,kelenjar-kelenjar indokrin tumbuh pesat dan berfungsi mempercepat pertumbuhan kearah kemetangan.
  6. Tahap genital;(setelah umur 20 tahun dan seterusnya). Dalam tahap ini pertumbuhan genital merupakan dorongan penting bagi tingkah laku seseorang.


Tahap- tahap perkembangan psikologi manusia yang meliputi:

  1. Tahap perkembangan masa bayi (sejak lahir - 2 tahun). Dalam tahap ini, perkembangan pribadi didominasi oleh perasaan. Perasaan –perasaan senang ataupun tidak senang menguasai diri anak bayi, sehingga setiap perkembangan fungsi pribadi dan tingkah laku bayi sangat mempengaruhi oleh perasaannya.
  2. Tahap perkembangan masa kanak-kanak (2- 12 tahun). dalam tahap ini, perkembangan pribadi anak dimulai dengan makin berkembangnya fungsi- fungsi indra anak untuk mengadakan pengamatan. Perkembangan fungsi ini memperkuat perkembangan fungsi pengamatan pada anak. Bahkan dapat dikatakan, bahwa perkembangan setiap aspek kejiwaan anak pada masa ini sangat didominasi oleh pengamatannya.
  3. Tahap perkembangan pada masa preadolesen (12- 15 tahun). Dalam hal ini, perkembangan fungsi penalaran intelektual pada anak sangat dominan. Dengan adanya pertumbuhan sistem saraf serta fungsi pikirannya, anak mulai kritis dalam menanggapi sesuatu ide atau pengetahuan dari orang lain. Perkembangan pada masa adolesen (15-20 tahun). Dalam tahap perkembangan ini, kualitas kehidupan manusia diwarnai oleh dorongan seksual yang kuat. Keadaan ini membuat orang tertarik pada orang lain yang berlainan jenis kelamin.
  4. Masa pematangan diri (setelah umur 20 tahun). Dalam tahap ini, perkembangan fungsi kehendak mulai dominan. Orang dapat membedakan adanya tiga macam tujuan hidup pribadi yaitu penguasaan keinginan pribadi, kelompok dan masyarakat. Semua ini akan direalisir oleh individu dengan belajar mengandalkan daya kehendaknya.2


No comments:

Post a Comment