Wikipedia

Search results

Wednesday, October 22, 2014

KONSEP ILMU IPA DASA MI/SD



Mata Pelajaran          : Konsep Ilmu Ipa Dasar MI/SD


 
Membadakan Berbagai Bentuk Energi Melalaui Pengamatan Dan Mendeskripsikan Dan Pemanfaatanya Dalam Kehidupan

Energi adalah kemampuan sesuatu atau seseorang untuk berbuat atau bekerja. Untuk bergerak, setiap makhluk hidup memerlukan energi. Energi dapat diperoleh makhluk hidup salah satunya dari makanan. Energi tidak dapat kita lihat, namun kita dapat merasakan pengaruh dari energi tersebut
Macam-macam bentuk energi
1.      Energi panas
panas disebut juga kalor. Panas atau kalor dapat menyebabkan benda memuai, mencair,menguap atau terbakar panas dapat terpengaruh terhadap semua benda, baik benda padat, cair maupun gas.
Fungsi energi panas sangat dibutuhkan dikehidupan ini sedikit dari fungsi panas adalah bisa dipergunakan untuk membuat pisau, pintu, Mobil dan sebagainya. Karana fungsi panas begitu banyak diperlukan.
Pemanfaatan Energi Panas Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Energi panas tidak dapat kita lihat bentuknya tetapi pengaruhnya dapat kita rasakan. Sumber energi panas terbesar di bumi adalah matahari. Manusia memanfaatkan energy panas yang berasal dari matahari untuk :
a.   Menguapkan air (penjemuran pakaian, pengeringan pakaian/ikan asin/bahan makanan, proses pembuatan garam)
b.  Menghangatkan ruangan dan memanaskan air
c.  Mengeringkan bahan makanan, kayu bakar dan proses pembuatan garam.

2.      Energi gerak (kinetik)
Energi gerak adalah energi yang dimiliki benda unuk bergerak. Misalnya yaitu air yang mengalir dan angin yang berhembus. Pemanfaatannya bisa untuk sebagai tenaga listrik, seperti kincir angin dan baling-baling air dalam menggukan tenaga gerak

3.      Energi cahaya
Adalah energi yang ditimbulkan oleh cahaya. Misalnya saja cahaya matahari yang dikumpulkan lewat lensa cembung dapat memanaskan kapas sampai terbakar.

4.      Energi bunyi
Energi yang ditimbulkan oleh bunyi disebut energi bunyi. Energi bunyi yang kuat  dapat memekakan telinga kita. Contoh energi bunyi yang kuat adalah bunyi petasan, bunyi halilintar, bunyi bom yang meledak, dll.

5.        Energi  potensial
Energi potensial adalah energi yang tersimpan dalam suatu benda. Contoh energi pontensial yaitu energi yang terdapat dfalam katapel yang terenggang, per yang terenggang maupun busur panas yang terenggang.

6.      Energi kimia
  Energi kimia adalah energi yang tersimpan dalam bahan kimia. Energi kimia terdapat        dalam berbagai bahan kimia seperti aki, baterai, dinamo, dll.
7.      Energi listrik
Energi listrik adalah energi yang dihasilkan oleh arus listrik.
Berikut ini beberapa manfaat atau kegunaan listrik dalam kehidupan kita:

1.                  Sebagai penerangan, kita dapat menikmati malam yang indah dengan cahaya lampu yang bersumber dari listrik PLN.
2.                  Sebagai sumber energi, dengan adanya listrik maka banyak sekali barang yang dapat dioperasikan dan bekerja, antara lain televisi, kulkas, penanak nasi, setrika, dll.



Memahami Sifat Bunyi Melalaui Pengamatan Dan Keterkaitannya Dengan Indra Pendengaran Dan Mendikripsikannya Dalam Kehidupan

Indra pendengaran
Dengan adanya indra pendengaran telinga, kita dapat mendengar suara atau bunyi yang merdu. Bunyi mempunya sifat
1.      Merambat
Bunyi dapat merambat melalui zat padat, cair, dan udara. Untuk merambat, bunyi memerlukan waktu. Bunyi dihasilkan oleh suatu benda atau alat yang bergetar. Bunyi merambat dalam bentuk gelombang. Gelombang merupakan getaran yang merambat
Seperti halnya dalam menggunkan alat musik gitar.
Manfaat cepat rambat bunyi dalam kehidupan sehari-hari yaitu:
1.      Cepat rambat gelombang bunyi juga dimanfaatkan oleh para nelayan untuk mengetahui siang dan malam.
2.      Pada malam hari kita mendengar suara lebih jelas daripada siang hari karena kerapatan udara pada malam hari lebih rapat dibandingkan dengan siang hari.

2.      Memantul dan Menyerap
Baik buruknya suatu benda memantulkan dan menyerap bunyi tergantung pada permukaannya. Permukaan benda yang lunak sukar memantulkan bunyi, sedangkan permukaan yang keras dapat memantulkan bunyi.
Bunyi dapat kita dengar dari suatu alat musik. Suatu alat musik akan mengeluarkan bunyi bila dimainkan. Sumber bunyi alat-alat musik ada yang berupa batang, dawai, rongga udara dan selaput. Contoh alat masik dawai yaitu gitar, biola dan rebab. Contoh alat musik musik dari selaput yaitu gendang, bedug dan ketipung.
Benda yang dapat menyerap bunyi disebut peredam bunyi. Peredam bunyi merupakan benda yang permukaanya lunak. Contohnya yaitu karet, kertas,spon, karpet, kain, busa, dll. Penggunaan peredam bunyi dapat menghindarkan dari terjadinya gaung atau kerdam. Contoh pemakaian peredam bunyi yaitu di dinding dan langit-langit gedung pertemuan atau gedung bioskop.

Gelombang bunyi adalah gelombang membujur yang memerlukan medium dalam perambatannya. Bunyi dihasilkan oleh getaran seperti getaran tala bunyi, getaran kon pembesar suara, getaran tali gitar atau turus udara dalamalat musik. Proses penghasilan bunyi yang disebabkan oleh getaran tala bunyi dan getaran kon pembesar suara. Apabila tala bunyi atau kon pembesar suara bergetar, lapisan udara disekeliling akan bergetar dan tenaga bunyi merambat melaluinya dalam bentuk gelombang. Gelombang bunyi merupakan gelombang mekanik, karena memerlukan medium dalam perambatannya sehingga bunyi tidak dapat di dengar di ruang hampa. Gelombang bunyi merupakan gelombang longitudinal.

Cahaya adalah energi berbentuk gelombang elekromagnetikyang kasat mata dengan panjang gelombang sekitar 380–750 nm. Pada bidang fisika, cahaya adalah radiasielektromagnetik, baik dengan panjang gelombang kasatmata maupun yang tidak. Cahaya adalah paket partikel yang disebut foton.Kedua definisi di atas adalah sifat yang ditunjukkan cahayasecara bersamaan sehingga disebut "dualisme gelombang-partikel". Paket cahaya yang disebut spektrum kemudiandipersepsikan secara visual oleh indera penglihatan sebagaiwarna. Bidang studi cahaya dikenal dengan sebutan optika,merupakan area riset yang penting pada fisika modern.
Cahaya mempunyai 4 besaran dalam optika klasik:
1.     Intensitas
2.     Frekuensi ataupanjang gelombang
3.     Polarisasi
4.     Fasa
Dengan sifat optik geometris:
  1.     Refleksi
  2.     Refraksi
Dan sifat optik fisis:
1.     Interferensi
2.     Difraksi
3.     Dispersi
4.     Polarisasi
Gelombang Cahaya
        1.  Mesin Photo Copy
Mesin fotokopi adalah peralatan kantor yang membuat salinan ke atas kertas dari dokumen, buku, maupun sumber lain.

Gelombang merupakan usikan yang merambat,atau getaran yang dirambatkan.Dalam perambatannya, gelombang memerlukan medium perambatan.Medium perambatan gelombang merupakan medium elastic yang merupakan medium yang mudah berubah bentuk.Berdasarkan medium perambatannya, gelombang di bedakan atas gelombang mekanik dan gelombang elektromagnetik.
Bunyi merupakan hasil getaran sebuah benda yang akan menggetarkan udara di sekitarnya dan akan merambat ke segala arah.Gelombang bunyi ini di kumpulkan oleh telinga luar dan digunakan untuk menggetarkan gendang telinga. Gelombang bunyi merupakan gelombang mekanik, karena memerlukan medium dalam perambatannya.sehingga bunyi tidak dapat di dengar di ruang hampa.Gelombang bunyi merupakan gelombang longitudinal.
Peranan gelombang bunyi dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut :
1.  Mengukur kedalaman laut
        a. Batu duga(memasukan batu ke dalam laut)
        b. Gema suara
2. Sonar
3. Hidropon
4. Medis
5. Cepat rambat gelombang bunyi juga dimanfaatkan oleh para nelayan untuk   mengetahui siang dan malam.
6. Pada malam hari kita mendengar suara lebih jelas daripada siang hari karena kerapatan udara pada malam hari lebih rapat dibandingkan dengan siang hari.
7.  Resonansi sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.
    a. Pemanfaatan resonansi pada alat musik seperti seruling, kendang,  gitar,beduk dan lainnya.
 8. Mendeteksi retak-retak pada struktur logam
9. Microphone
10. Gelombang Radio dan TV
11.  Kamera dan Perlengkapan Mobil
12. Kaca Mata Tuna Netra
Cahaya  merupakan sebuah gelombang yang mengalami peristiwa pemantulan. Cahaya memiliki sifat-sifat : dapat dikenal oleh mata, merupakan bentuk radiasi, merupakan gelombang yang merambat, memindahkan suatu egergi dari suatu tempat ke tempat yang lain, merambat menurut garis lurus.Gelombang cahaya merupakan gelombang transversal.
Peranan gelombang cahaya dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut :
1.  Mesin Photo Copy
2.Mengukur Jarak Benda Langit
3. Scanner
4. Indera Penglihatan
5. Digunakan juga untuk menjemur pakaian, Sepatu dan alat rumah tangga lainnya (menggunakan cahaya matahari)
6. Digunakan untuk alat-alat kecantikan seperti sinar UV untuk menghilangkan flek-flek hitam di wajah, selulit, dll.
7. Digunakan untuk lampu dan alat penerangan lainnya.
8. Digunakan untuk kamera foto
9. Di bidang kedokteran salah satu manfaat gelombang cahayadigunakan untuk rontgen.
10. Digunakan sebagai satuan jarak antar benda-benda langit.
11.Digunakan oleh tumbuhan
12. Laser
13. Serat Optik
14.  Hologram
15. Cahaya sebagai Gelombang Elektromagnetik dan Spektrum Elektromagnetik
Gelombang Radio, Gelombang Mikro, Sinar Inframerah,Cahaya Tampak, Sinar Ultraviolet, Sinar X, Sinar Gamma.







No comments:

Post a Comment