Wikipedia

Search results

Sunday, February 5, 2017

Definisi SENI TERAPAN



SENI TERAPAN

A.      Seni Terapan
Seni terapan mempunyai dualisme pengaturan , pengaturan pertama diatur dalam undang-undang nomor 19 tahun 2002 tentang hak cipta, sedangkan pengaturan kedua ada dalam undang-undang nomor 31 tahun 2000 tentang desain industri.
Suatu karya seni dalam bentuk cetak biru atau blue print yang dianggap sebagai suatu karya seni dapat dilindungi dengan hak cipta.hak cipta melindungi suatu karya seni terapan melalui pendekatan deklaratif artinya sejak diumumkan oleh si pencipta.[1]
Seni rupa terapan (applied art), yaitu seni rupa yang memiliki nilai kegunaan (fungsional) sekaligus memiliki nilai seni. Karya seni ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan kebutuhan sehari-hari secara materi, misalnya furnitur, tekstil, dan keramik.
Seni rupa terapan adalah benda dari hasil karya seni rupa yang di keseharian kita, dan seni rupa terapan mempunyai fungsi dan juga kegunaan tertentu, serta punya nilai seni.[2]
 Seni rupa terapan ini terbagi menjadi dua, yakni seni rupa dua dimensi, dan juga seni rupa tiga dimensi.seni rupa terapan adalah karya seni rupa yang hasil karya tersebut dibuat dengan sengaja untuk membantu aktifitas manusia.



Berdasarkan wujud fisiknya, karya seni rupa terapan dapat digolongkan menjadi dua, yaitu sebagai berikut :
1.        Karya seni rupa terapan dua dimensi (dwimatra)
Karya seni rupa terapan dua dimensi, yaitu karya seni rupa yang mempunyai ukuran panjang dan lebar dan hanya bisa dilihat dari satu arah. Misalnya : wayang kulit, tenun, bordir, dan batik.
a.      Teknik kerajinan kain batik
Teknik membatik telah mengalami perkembangan tanpa meninggalkan teknik lama yang telah diwariskan secara turun-temurun. Teknik batik yang kita kenal di Nusantara, antara lain sebagai berikut.
1)      Batik tulis
yaitu batik yang dibuat dengan teknik menggambar motif di atas kain menggunakan canting. Canting adalah alat khusus untuk menggambar motif batik di atas kain yang berisi cairan lilin atau malam panas untuk menutup bagianbagian tertentu sesuai dengan pola yang dibuat. Batik tulis memiliki keunggulan nilai seni dibandingkan dengan batik yang lain.
2)      Batik cap
yaitu batik yang dibuat dengan menggunakan teknik cap (stempel), biasanya dibuat dari tembaga dan dibubuhi malam (cairan lilin panas).
3)      Batik sablon
 yaitu batik yang dibuat dengan menggunakan klise (hand printing). Motif batik yang sudah dibuat kemudian dibuat klise lalu dicetak.
4)      Batik printing
yaitu batik yang dibuat dengan teknik printing atau menggunakan alat mesin. Teknik pembuatannya mirip dengan batik sablon.
5)      Batik lukis
yaitu batik yang dibuat dengan teknik melukiskan langsung di atas kain. Alat yang digunakan dan motif yang dibuat pun lebih bebas.
b.      Teknik kerajinan wayang kulit
Wayang kulit dibuat dengan teknik pahat dan sungging dengan bahan cat dan alat sederhana. Desain wayang kulit dibuat sesuai dengan pakem yang sudah ditetapkan dari warisan nenek moyang.[3]

c.       Teknik kerajinan kain tenun
 Kain tenun dibuat dengan cara memintal benang sedikit demi sedikit dengan alat tenun, hingga menjadi kain Batik yang dibuat dengan teknik sablon dan printing sudah tidak menggunakan prinsip dasar pembuatan batik yang memakai lilin dan canting. Hasil dari teknik ini tidak termasuk kain batik, melainkan kain dengan motif batik.
dengan ragam hias yang indah. Alat tenun terbuat dari kayu atau bambu.
d.     Teknik kerajinan sulaman atau bordir
Sulaman atau bordir dibuat dengan menggunakan mesin jahit atau dengan teknik tusuk jarum.

2.        Karya seni rupa terapan tiga dimensi (trimatra)
Karya seni rupa terapan tiga dimensi, yaitu karya seni rupa yang dapat dilihat dari segala arah dan memiliki volume (ruang). Misalnya : Teknik cetak, Teknik pahat/ukir, Teknik tempa, Teknik anyaman.
a.      Teknik cetak (cor tuang)
            Teknik cetak untuk pembuatan karya seni terapan, yaitu tuang berulang (bivalve) dan tuang sekali pakai (a cire perdue). Teknik bivalve menggunakan dua jenis cetakan yang terbuat dari batu, gips, dan semen yang bisa dipakai berulang-ulang sesuai kebutuhan. Teknik bivalve sering digunakan untuk mencetak benda-benda sederhana yang tidak terlalu rumit pembuatannya. Sedangkan teknik a cire perdue biasanya menggunakan benda dari logam (tembaga, besi) yang bentuk dan hiasannya lebih rumit.[4]

b.       Teknik pahat/ukir
            Teknik ini digunakan untuk memahat, menggores, menoreh, dan membentuk pola permukaan benda. Bahan-bahan yang dapat diukir atau dipahat, antara lain kayu, batu, atau bahan lain yang sejenis. Alat yang digunakan untuk mengukir adalah tatah (pahat ukir) yang terbuat dari besi atau baja. Hasil karya seni dari pahat ukir, antara lain terdapat pada alat-alat kebutuhan rumah tangga, seperti kursi, meja, lemari, dan hiasan dinding.
c.       Teknik tempa
Teknik tempa biasanya digunakan untuk membuat benda-benda dari logam (besi, baja, dan kuningan). Logam terlebih dahulu dipanaskan di perapian khusus kemudian ditempa (dibentuk) sesuai keinginan. Contoh benda-benda tradisional dari hasil teknik tempa adalah aneka senjata tradisional dan benda-benda perhiasan.
d.     Teknik anyaman
Hasil karya seni rupa terapan yang menggunakan teknik anyaman, misalnya tikar, topi, tas, kipas, dan benda-benda hiasan lainnya. Bahan yang digunakan untuk membuat anyaman terdiri atas bahan alam, seperti rotan, bambu, serat kayu, dan eceng gondok.


[1] Hermawan hadi, dualisme pengaturan dan pengertian seni terapan ( applied art ) pada hak kekayaan intelektual : 2015 . hal 47
[2] Tri edi margono, mari belajar seni rupa , jakarta : Pusat perbukuan, kementerian pendidikan nasional : 2010, hal 4
[3] Ibid.,hal 12
[4] Ibid., hal 13

1 comment:

  1. If you're trying hard to lose fat then you need to try this brand new tailor-made keto meal plan.

    To create this keto diet, certified nutritionists, fitness trainers, and professional chefs united to develop keto meal plans that are useful, suitable, economically-efficient, and fun.

    Since their grand opening in early 2019, 100's of people have already transformed their figure and well-being with the benefits a certified keto meal plan can give.

    Speaking of benefits: in this link, you'll discover 8 scientifically-proven ones provided by the keto meal plan.

    ReplyDelete