Wikipedia

Search results

Sunday, February 5, 2017

Tujuan Pendidikan Seni

A.      Tujuan Pendidikan Seni
Tujuan pendidikan seni yaitu sebagai berikut :
1.    Fungsi Religi/Keagamaan
Karya sebi sebagai pesan religi atau keagamaan. Contoh kaligrafi, busana muslim / muslimah dan lagu – lagu rohani. Seni juga sering digunakan untuk sebuah upacara kelahiran, kemaatian, pernikahan dsb, contohnya : gamelan dalam upacara ngaben di Bali.
2.    Fungsi Pendidikan
Seni sebagai media pendidikan dapat dilihat dalam musik, misalkan Ansambel karena didalamnya terdapat kerjasama atau angklung dan gamelan pun ada nilai pendidikannya karena kesenian tersebut terdapat nilai social, kerjasama dan disiplin. Karya seni yang sering digunakan untuk pelajaran, film ilmiah, poster, lagu anak – anak, alat peraga ipa dsb.
3.    Fungsi komunikasi
Seni dapat digunakan sebagai alat komunikasi seperti : kritik social, gagasan, kebijakan dan memperkenalkan produk kepada masyarakat, bias dilihat dalam pagelaran wayang kulit, wayang orang, drama komedi dan reklame.
4.    Fungsi rekreasi / hiburan
Seni yang berfugsi sebagai sarana melepas kejenuhan atau mengurangi kesedihan yang khusus pertujukan untuk berekpresi ataupun hiburan.
5.    Fungsi artistik
Seni yang berfungsi sebagai media ekspresi seniman dalam menyajikan karyanya tidak untuk hal komersial, seperti : musik kontemporer, tari kontemporer dan seni rupa kontemporer ( seni pertunjukan yang tidak bias dinikmati pendengar / pengunjung, hanya bias dinikmati oleh para seniman dan komunitasnya).
6.    Fungsi terapan
Karya seni yang dibuat tanpa memperhitungkan kegunaannya, kecuali sebagai media ekspresi (karya seni murni) ataupun dalam proses penciptaan mempertimbangkan aspek kegunaannya, seperti : perlengkapan / peralatan rumah tangga yang berasal dari gerabah ataupun rotan.
7.    Fungsi kesehatan
Seni sebagai fungsi kesehatan, seperti pengobatan penderita gangguan physic ataupun medis distimualsi melalui terapi seni musi (disesuaikan dnegan latar belakang pasien). Terbukti musi mampu digunakan untuk ,meyembuhkan penyandang autisme, gangguan psikologis trauma pada suatu kejadian dsb. Pada tahun 1999,  Siegel menyatakan bahwa musik klasik menghasilkan gelombang alfa yang menenagkan dapat merangsang system Limbicjarikan neuron otak dan gamelan menurut Gregorian dapat mempertajam pikiran.[1]
Tujuan pembelajaran seni menurut Widia Pekerti ialah sebagai berikut :
1.    Mengembangkan sensitivitas persepsi indriawi pada anak melalui pengalaman yang kreatif sesuai karakter dan jenjang perkembangan pada pendidikan
2.    Memberikan stimulus pada anak pada pertumbuhan ide – ide yang imajinatif dan dapat menemukan berbagai penemuan atau gagasan yang kreatif dalam memecahkan masalah artistic atau estetik melalui proses eksplorasi, kreasi, presentasi dan apresiasi sesuai minat dan potensi diri yang dimiliki anak di tiap jenjang pendidikan.
3.    Mengintegrasikan pengetahuan dan keterampilan kesenian dengan disiplin ilmu lain yang serumpun atau tidak serumpun melalui berbagai pendekatan keterpaduan yang sesuai karakter keilmuannya.
4.    Dapat mengebangkan kemampuan untuk berapresiasi seni dalam konteks sejarah dan dapat menghargai berbagai macam budaya local juga global, sebagai sarana pembentukan saling toleransi dan demokratis dalam masyarakat yang majemuk[2]
Tujuan pendidikan seni yaitu sebagai berikut :
Siswa dapat belajar dengan cara yang berbeda-beda untuk:
·      Membangkitkan gagasan-gagasan anak untuk ekspresi personal melalui seni,
·      Memperbaiki dan memodifikasi gagasan anak untuk ekspresi visual,
·      Menggunakan media untuk menyampaikan maksud ekspresi anak sendiri.
Anak-anak dapat mempelajarai bagaimana anggota-anggota dalam komunitas artistik (seniman, desainer, pengrajin dsb.):
·      Membangkitkan gagasan untuk karya mereka,
·      Menggunakan kualitas-kualitas visual untuk ekspresi,
·      Menggunakan alat-alat dan media,
·      Mempersepsikan dan mendeskripsikan seni,
·      Menguji dan menilai karya-karya seni.[3]
Adapun pendapat lain oleh Slamet Suryanto, tujuan pembelajaran seni adalah :
1.    Membantu anak mengekspresikan diri, melalui seni dapat meningkatkan kreatifitas anak dalam mewujudkan imajinasinya dalam seni
2.    Melatih anak untuk mencintai keindahan, kerapihan dan keteraturan
3.    Memberi kesempatan anak untuk mengenal berbagai benda, warna, bentuk dan tekstur secara kreatif dalam karya seni
4.    Dapat melatih otot – otot halus seperti otot – otot jari tangan dan melatih koordinasi antara tangan dan mata.[4]
Adapun fungsi pendidikan seni disekolah dasar  menurut Tumurang adalah sebagai berikut :
1.    Media ekspresi
Dari sisi bahasa ekspresi adalah ungkapan. Dengan kata lain ekspresi adalah ungkapan perasaan pelaku seni dan bukan ungkapan pemikiran. Perasaan tersebut berupa perasaan khusus yang dapat membangun sikap serta nilai. Kemunculannya dipicu oleh interaksi pelaku seni dengan lingkungannya



jjj.jpg

                                                                                   







Gambar 1.1 Eksperesi anak sedang menggambar

Daripadanya muncul intuisi ataupun perasan terkontrol yang berupa imajinasi. Jika intuisi atau imajinasi itu disertai dengan dorongan dari dalam batin, maka proses kreasi akan berlangsung. Mula – mula proses pembangunan ide rasa, kemudian diikuti dengan perwujudannya secara kasat indera menjadi karya seni.

ttt.jpg                                                                                   









Gambar 1.2 Gambar anak yang cendrung   ekspresif

Rangkaian proses kreasi yang terdiri beberapa kegiatan bati dan lahir ini secara keseluruhan disebut ekspresi. Dari pendapat diatas diketahui bahwa ekspresi erat kaitannya dengan perasaan yang cendrung berfikir kreatif an imajinatif. Hal ini merupakan karakter umum anak – anak yang masih polos dalam mengungkapkan perasaannya baik melalui lisan, tertulis, maupun media yang lainnya.
 
2.    Media komunikasi
Media komunikasi merupakan kegiatan  yang dilakukan manusia sebagai makhluk sosial dalam kehidupan bermasyarakat. Komunikasi dilakukan dengan tujuan untuk menyampaikan sesuatu kepada orang lain. Pendidikan seni sebagai media komunikasi yaitu :”aktivitas berekspresi seni rupa bagi anak untuk menyampaikan ssuatu untuk berkomunikasi kepada orang lain yang diwujudkan dalam karyanya”(Sumanto).menurut bidang kesenian yang dimaksud dengan pendidikan seni sebagai media komunikasi yaitu sebagai alat untuk menyampaikan gagasan maupun perasaan yang diwujudkan dalam bentuk karya seni kepada para penikmat seni (apresiator). Seni sebagai media komunikasi dominan dilakukan dalam pendidikan disekolah sebagaimana dikemukakan oleh Soeharjo, bahwa seperti halnya bahasa mereka harus menguasai tata bahasanya yaitu seni









Gambar 1.3 Gambar anak yang Cendrung komunikatif

3.        Media bermain
Dunia adalah dunia bermain yang menyenangkan dan berpengaruh terhadap perkembangannya. Dalam bermain ini peristiwa imajinasi, pikiran dan persaan bergerak menciptakan permainan, hal ini terdapat anak tersebut telah menciptakan karya seni. Ketika anak berkarya seni sebenarnya pikirannya sedang tertuju kepada hal – hal yang dicita – citakan atau ingin mengungkap peristiwa masa lalu serta merupakan ungkapan perasaan terhadap kejengkelan, kegembiraan dan kesedihan. Kegiatan bermain yang dilakukan anak dapat diketegorikan sebagai proses belajar karena dalam bermain terdapat proses mengenal lingkungan sekitarnya, bermain juga mendukung perkembangan anak seperti yang dinyatakan oleh Herawati dan Iraji yaitu :
a.    Dari segi perasaan permainan dapat dikembangkan dengan latihan penjiwaan kearah drama
b.   Dari segi intuisi, dikembangkan dengan latihan ritmis kearah tari dan music
c.    Dari segi sensasi, dapat dikembangkan dengan cara mengeksperiskan diri kearah desain plastis atau visual
d.   Dari segi pikiran, dikembangkan dengan kegiatan – kegiatan konstruktif kearah keahlian

4.        Media pengembangan bakat seni
Bakat seni merupakan anugrah yang tidak semua orang memilikinya karena keunikannya dan potensi seni setiap orang memiliki kadar yang berbeda – beda. Dengan pendidikan seni yang diberikan oleh guru yang jeli melihat potensi yang dimiliki para siswa secara signifikan membantu pengembangan bakat dan potensi seni yang memiliki kemauan keras berlatih untuk dapat memiliki kemampuan dalam bidang kesenian juga dikembangkan.
ttttb.jpg









Gambar 1.4 Gambar Hasil kaya membentuk ikan

5.    Media pengembangan kemampuan berfikir
Kemampuan berfikir anak dinilai masih di dominasi oleh factor ekspresinya dibandingkan dengan faktor rasional yang dimilikinya. Perbedaan karya anak dari segi kuatnya aspek perasaan (emosional)  maupun nalarnya (rasio) yaitu pada nuasa realistic dan figure realis yang ditampilkan. Anak dengan kecendrungan rasio yang lebih kuat akan lebih dominan dalam nuasa garis serta figure yang realistik sedangkan anak yang lebih kuat sisi emosionalnya akan cendrung menonjolkan salah satu figure saja. Dalam hal ini pendidikan seni melatih kedua sisi tersebut, baik itu dalam aspek rasionalitas maupun kecerdasan emosional anak.[5]


vvv.jpg


 
 Gambar 1.5 Gambar anak berbakat

Tujuan pendidikan seni ialah sebagai berikut :
1.    Memberikan fasilitas yang sebesar – besarnya untuk dapat mengemukakan pendapat (ekspresi bebas)
2.    Melatih imajiansi anak, ini merukan konsekuensi logis dari kegiatan ekspresi , agar bias berekspresi anak mempunyai bayangan terlebih dahulu yaitu dengan melatih imajiansi  itu semua bisa berangkat dari pengamatan maupun hasil rekapitulasi kejaidan yang telah direkam oleh otak.
3.    Memberikan pengalaman estettik dan mampu memberikan umpan balik penilaina (kritik dan saran) terhadap suatu karya seni dengan mediumnya.
4.    Sedangkan konsekuensi lainnya sebagai prasarat yaitu pembinaan sensitivitas serta rasa pada umumnya, hasil yang diharapkan adalah terbinanya visi artistic dan fiksi imajiatif
5.     Pembinaan keterampilan, diarhkan untuk membina kemampuan praktek berkarya seni dan kerajinan. Guna untuk mempersiapkan kemampuan terampil dan praktis sebagi bekal hidup dikemudian hari. (depdiknas)[6]
Tujuan pendidikan seni :
1.      Seni sebagai wahana ekspresi
   Ekspresi merupakan pernyataan kejiwaan yang berfungsi untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia dalam mencari kepuasan. Ekpresi juga merupakan kebutuhan manusia dalam mengkomunikasikan isi hatinya kepada pihak lain. Berekpresi dalam seni berarti menuangkan isi hati dengan menggunakan sarana gambar, gerak, nada suara atau kata (Soehardjo, 1995). Bagi anak-anak art itu bisa dijadikan alat/sarana untuk berekpresi “a means of expretion” (Lowenfeld, 1982). Dalam berekspresi ini pikiran, perasaan dan emosi anak ikut berperan.
2.      Seni sebagai sarana pengembangan/pembinaan kreatifitas.
            Pembinaan ekspresi dapat menunjang pembinaan kreatifitas. Pada umumnya kreatifitas diartikn sebagai daya atau kemampuan untuk mencipta. Melalui kegiatan berolah seni kreatifitas atau daya cipta anak dapat dikembangkan. Berolah seni yang dimaksudkan adalah melakukan kegiatan pengenalan, eksperimen dalam berbagai bentuk jenis alat/bahan dan teknik mewujudkan/menampilkan karya seni, baik melalui rupa, gerak, nada suara atau kata. Membangkitkan dan membebaskan anak untuk melakukan kegiatan berolah seni sesuai kemampuan dan minatnya serta memberi kesempatan kepada anak-anak untuk mencoba memecahkan masalah ketika berolah seni sehingga menghasilkan hal-hal baru dan unik baginya merupakan sarana yang baik dalam upaya membina dan mengembangkan kreatifitas. Sebagimana dikatakan oleh tokoh-tokoh seperti Dewey, Read and Ross, bahwa melalui pembelajaran seni dapat membantu meningkatkan daya kreatifitas anak.
3.      Seni sebagai sarana pengembangan bakat anak.
Secara umum orang berpendapat bahwa bakat anak dibawa sejak lahir, namun bakat anak ini sulit berkembang jika tidak dipupuk. Bakat anak dibidang seni dapat dipupuk melalui pembelajaran seni. Pendidikan seni yang memberikan kesempatan pada anak untuk mengenal dan menjelajah berbagai media seni, serta sikap/dukungan dan motivasi guru yang positif terhadap anak-anak untuk berpeluang memelihara dan mengembangkan bakatnya.
4.      Seni sebagai sarana pembinaan ketrampilan.
Ketrampilan berasal dari kata terampil yang berarti cekatan dalam melakukan sesuatu. Untuk membantu menyalurkan dorongan ekspresi dan kreativitas anak dibutuhkan suatu ketrampilan dasar. Dalam seni latihan ketrampilan ini bukan tujuan utama, tetapi hanya sebagai sarana untuk menunjang kelancaran berekspresi atau berkreativitas. Ketrampilan yang diberikan bukanlah ketrampilan yang bersifat statis, tetapi lebih diarahkan pada ketrampilan yang bersifat kondisional. Arti keterampilan yang kondisional bersifat kreatif, produktif, dinamis dan mampu untuk tumbuh. Jenis ketrampilan ini cocok untuk dikembangkan di sekolah-sekolah umum. Melalui kegiatan berolah seni yang memberi cukup kebebasan pada anak untuk melatih skill sejalan dengan dorongan ekspresi dan kreativitasnya akan sangat bermanfaat bagi anak untuk membina dan mengembangkan potensi ketrampilannya.
5.      Seni sabagai sarana pembentukan kepribadian.
Kebiasaan berolah seni yang memperhatikan dan memberi keleluasaan yang cukup terhadap subyek didik untuk menampilkan sifat-sifat kepribadian, memberi peluang yang luas untuk pembentukan kepribadian ( Soenarjo, 1995). Kepribadian dalam seni lebih diarahkan kepada tumbuhnya rasa cinta terhadap kesenian bangsanya dan mau menerima kesenian asing yang terseleksi. Dengan pengenalan benda-benda seni dan tokoh-tokoh seniman serta lingkungan alam sekitar yang indah dapat menumbuhkan kecintaan atau kebanggaan anak terhadap alam dan kesenian bangsanya. Dan ini berarti telah mengurangi timbulnya penyimpangan-penyimpangan sifat kepribadian yang merusak moral dan identitas jati diri bangsa.
6.      Seni sebagai sarana pembinaan impuls estetik.
Secara naluri setiap anak memiliki impuls estetik (Read,1974). Jika naluri ini tidak mendapat kesempatan tumbuh dan berkembang, maka naluri tersebut bisa mati atau tumbuh kerdil. Melalui program pendidikan seni naluri/kepekaan citarasa keindahan dapat dibina dan ditumbuh-kembangkan. Caranya dimulai dari pengakraban dengan obyek yang bermuatan estetik, maka seseorang akan semakin peka estetiknya. Kepekaan itu merupakan modal dasar dalam mengapresiasi seni, berolah seni dan menghargai hasil budaya bangsa sendiri, maupun bangsa lain.[7]


[1]Ibid hal. 5-8
[2]. Ibid hal 35
[3]. Kamaril, Cut..Pendidikan Seni Rupa/Kerajinan Tangan”(. Jakarta::Universitas Terbuka, 2007) H. 45
[4]. Ibid Hal. 60
[5]. Ibid hal 18-26
[6] . ibid hal 30 - 31
[7]. Ibid Hal 55

4 comments: