Wikipedia

Search results

Sunday, February 5, 2017

MODEL PEMBELAJARAN SD/MI

MODEL PEMBELAJARAN SD/MI
  
PENDAHULUAN
Model pembelajaran adalah serangkaian kegiatan pembelajaran yang secara khas disajikan oleh guru guna menciptakan iklim belajar yang lebih kondusif untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu dan sebagai pedoman bagi guru dalam merancang dan melaksanakan aktivitas belajar mengajar. Ketepatan pemilihan model pembelajaran akan berdampak pada keberhasilan belajar siswa serta ketercapaiannya tujuan pembelajaran. Dari pengertian model pembelajaran tersebut, model pembelajaran dapat dipahami sebagai suatu desain, pola atau rancangan yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran dikelas.
Hal itu dilakukan untuk menciptakan suasana yang menunjang agar siswa merasa bebas untuk merespon secara alami dan teratur, dan tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Karena itu pengkajian pemilihan model pembelajaran yang tepat menjadi hal yang perlu dilakukan agar sesuai dengan karakteristik siswa dan pembelajaran yang akan dilaksanakan.

A.           PENGERTIAN MODEL PEMBELAJARAN SD/MI
Model merupakan contoh yang digunakan para ahli dalam menyusun langkah-langkah dalam melaksanakan pembelajaran,maka dari itu strategi pembelajaran merupakan bagian dari langkah yang digunakan model untuk melaksanakan pembelajaran. Dalam hal ini model-model pembelajaran yang dipilih dan dikembangkan guru hendaknya dapat mendorong siswa untuk belajar dengan mendayagunakan potensi yang mereka miliki secara optimal. Belajar yang kita harapkan bukan sekedar mendengar, memperoleh atau menyerap informasi yang disampaikan guru.
Belajar harus menyentuh kepentingan siswa secara mendasar. Belajar harus dimaknai sebagai kegiatan  pribadi siswa dalam menggunakan potensi pikiran dan nuraninya baik terstruktur maupun tidak terstruktur untuk memperoleh pengetahuan,membangun sikap dan memiliki keterampilan tertentu. Penggunaan model pembelajaran yang tepat dapat mendorong tumbuhnya rasa senang siswa terhadap pelajaran,menumbuhkan dan meningkatkan mptivasi dalam mengerjakan tugas,memberikan kemudahan bagi siswa untuk memahami pelajaran sehingga memungkinkan siswa untuk mencapai hasil belajar yang lebih baik.
Sebagaimana sebelumnya sudah dibahas bersama bahwa ukuran keberhasilan mengajar guru utama adalah terletak pada terjadi tidaknya peningkatan hasil belajar siswa. Karena itu melalui pemilihan model pembelajaran yang tepat guru dapat memilih atau menyesuaikan jenis pendekatan dan metode pembelajaran dengan karakteristik materi pelajaran yang disajikan. Hal penting yang harus selalu diingat bahwa tidak ada satu strategi pembelajaran yang paling ampuh untuk segala situasi. Oleh sebab itu guru dituntut untuk memiliki pemahaman yang komprehensip serta mampu menggambil keputusan yang rasional kapan waktu yang tepat untuk menerapkan salah satu atau beberapa strategi yang efektif kecermatan guru didalam menentukan model pembelajaran menjadi semakin penting,karena pembelajaran adalah salah satu proses yang kompleks yang didalamnya melibatkan berbagai ungsur yang dinmis.
Jadi, model pembelajaran adalah serangkaian kegiatan pembelajaran yang secara khas disajikan oleh guru guna menciptakan iklim belajar yang lebih kondusif untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu.
Modelpembelajaran anak sd juga bisa dikatakan sebagai desain yang menggambarkan proses rincian dan penciptaan lingkungan belajar yang kondusif sehingga memungkinkan siswa untuk bisa berinteraksi dengan aktif yang akan membuat mereka mengalami pengembangan diri.

B.            TUJUAN MODEL PEMBELAJARAN SD/MI

1.             Meningkatkan kinerja siswa dalam tugas-tugas akademik
2.             Agar siswa menerima teman-temannya yang mempunyai berbagai macam latar belakang
3.             Mengembangkan keterampilan social siswa
4.             Kemampuan berfikir agar lebih tanggap,cermat,dan melatih daya nalar
5.             Membina dan mengembangkan sikap ingin lebih tahu
6.             Mengembangkan aspek koknitif,afektif dan pisikomotorik
7.             Mengembangkan sikap, keterampilan kepervcayaan murid dalam memutuskan secara tepat dan obyektif
8.             Meningkatkan keaktifan siswa
9.             Meningkatkan hasil belajar siswa

C.           FUNGSI MODEL PEMBELAJARAN SD/MI
Beberapa fungsi penting yang seharusnya dimiliki suatu model pembelajaran menurut Joyne & Weil adalah sbb :
1.             Bimbingan, maksudnya suatu model pembelajaran berfungsi menjadi acuan bagi guru dan siswa mengenai apa yang seharusnya dilakukan,memiliki desian instruksional yang komprehensif, dan mampu membawa guru dan siswa kearah tujuan pembelajaran.
2.             Mengembangkan kurikulum, maksudnya model pembelajaran selanjutnya berfungsi untuk dapat membantu mengembangkan kurikulum pada setiap kelas atau tahapan pendidikan.
3.             Spesifikasi alat pelajaran, maksudnya model pembelajaran berfungsi merinci semua alat pembelajaran yang akan digunakan guru dalam upaya membawa siswa kepada perubahan-perubahan perilaku yang dikehendaki.
4.             Memberikan perbaikan terhadap pembelajaran. Maksudnya model pembelajaran dapat membantu meningkatkan aktivitas proses belajar mengajar sekaligus meningkatkan hasil belajar siswa.


D.           JENIS-JENIS MODEL PEMBELAJARAN SD/MI
Ada banyak model pembelajaran yang dikembangkan oleh para ahli dalam usaha mengoptimalkan hasil belajar siswa. Model pembelajaran tersebut antara lain terdiri dari :
1.             Model pembelajaran kontekstual
Merupakan konsep belajar yang mendorong guru untuk menghubungkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa. Pembelajaran ini juga mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari pengetahuan dan keterampilan siswa diperoleh dari usaha siswa mengkontruksi sendiri pengetahuan dan keterampilan baru ketika siswa belajar.
2.             Model pembelajaran kooperatif
Merupakan model pembelajaran yang merujuk pada berbagai macam metodepembelajaran dimana siswa bekerja dengan kelompok-kelompok kecil untuk saling membantu satu sama lain dalam mempelajari materi pelajaran.
3.             Model pembelajaran kuantum
Pembelajaran yang dirancang dari berbagai teori atau pandangan psikologi kognitif dengan menyingkirkan hambatan belajar melalui penggunaan cara dan alat yang tepat sehingga siswa dapat belajar secara mudah dan alami.
4.             Model pembelajaran terpadu
Merupakan pembelajaran yang memungkinkan siswa baik secara individual maupun kelompo aktif mencari, menggali, dan menemukan konsep serta prinsip secara holistic. Pembelajaran ini merupakan model yang mencoba memadukan beberapa pokok bahasa.
5.             Model pembelajaran berbasis masalah
Merupakan sebuah model pembelajaran yang menyajikan masalah kontekstual sehingga peserta didik lebih semangat belajar. Fokusnya tidak banyak pada apa yang sedang dikerjakan siswa tetapi pada apa yang siswa pikirkan selama mereka mengerjakannya. Guru memfungsikan diri sebagai pembimbing dan fasilitator sehingga siswa dapat belajar untuk berfikir dan menyelesaikan masalahnya sendiri.


E.            MENENTUKAN MODEL PEMBELAJARAN SD/MI YANG TEPAT
Menggunakan model pembelajaran kooperatif , dimana dalam hal ini siswa bekerja sama dengan temanya yang telah dibagi kedalam kelompok-kelompok kecil untuk mendiskusikan materi yang hendak dibahas. Memilih model pembelajaran ini karena dapat melatih siswa untuk bekerjasama dengan kelompoknya. Selain itu siswa juga dituntut untuk berfikir secara mandiri dengan kelomponya,agar siswa dan kelompok nya dapat memecahkan materi yang telah diberikan guru. Dalam hal ini guru hanya mengarahkan kepada siswa, kemudian siswa dan kelompoknyalah yang menyelesaikan materi tersebut.

v   LATIHAN
Untuk memperdalam pemahaman anda mengenai materi diatas kerjakanlah latihan berikut
1.    Jelaskan pengertian model pembelajaran ?
2.    Apakah tujuan dari model pembelajaran ?
3.    Sebutkan fungsi model pembelajaran ?
4.    Sebutkan jenis-jenis model pembelajaran ?
5.    Apa pengertian dari model kooperatif ?
Petunjuk jawaban latihan
1.    Modelpembelajaran anak sd juga bisa dikatakan sebagai desain yang menggambarkan proses rincian dan penciptaan lingkungan belajar yang kondusif sehingga memungkinkan siswa untuk bisa berinteraksi dengan aktif yang akan membuat mereka mengalami pengembangan diri.

2.    Tujuan model pembelajaran
a.    Meningkatkan kinerja siswa dalam tugas-tugas akademik
b.    Agar siswa menerima teman-temannya yang mempunyai berbagai macam latar belakang
c.    Mengembangkan keterampilan social siswa
d.   Kemampuan berfikir agar lebih tanggap,cermat,dan melatih daya nalar
e.    Membina dan mengembangkan sikap ingin lebih tahu
f.     Mengembangkan aspek koknitif,afektif dan pisikomotorik
g.    Mengembangkan sikap, keterampilan kepercayaan murid dalam memutuskan secara tepat dan obyektif
h.    Meningkatkan keaktifan siswa
i.      Meningkatkan hasil belajar siswa

3.             Beberapa fungsi penting yang seharusnya dimiliki suatu model pembelajaran menurut Joyne & Weil adalah sbb :
a.    Bimbingan, maksudnya suatu model pembelajaran berfungsi menjadi acuan bagi guru dan siswa mengenai apa yang seharusnya dilakukan,memiliki desian instruksional yang komprehensif, dan mampu membawa guru dan siswa kearah tujuan pembelajaran.
b.    Mengembangkan kurikulum, maksudnya model pembelajaran selanjutnya berfungsi untuk dapat membantu mengembangkan kurikulum pada setiap kelas atau tahapan pendidikan.
c.    Spesifikasi alat pelajaran, maksudnya model pembelajaran berfungsi merinci semua alat pembelajaran yang akan digunakan guru dalam upaya membawa siswa kepada perubahan-perubahan perilaku yang dikehendaki.
d.   Memberikan perbaikan terhadap pembelajaran. Maksudnya model pembelajaran dapat membantu meningkatkan aktivitas proses belajar mengajar sekaligus meningkatkan hasil belajar siswa.

4.             Jenis-jenis model pembelajaran
a.    Model pembelajaran kontekstual
b.    Model pembelajaran kooperatif
c.    Model pembelajaran kuantum
d.   Model pembelajaran terpadu

5.             Merupakan model pembelajaran yang merujuk pada berbagai macam metode pembelajaran dimana siswa bekerja dengan kelompok-kelompok kecil untuk saling membantu satu sama lain dalam mempelajari materi pelajaran.

v   RANGKUMAN

1.             Pengertian Model Pembelajaran
Model merupakan contoh yang digunakan para ahli dalam menyusun langkah-langkah dalam melaksanakan pembelajaran,maka dari itu strategi pembelajaran merupakan bagian dari langkah yang digunakan model untuk melaksanakan pembelajaran. Dalam hal ini model-model pembelajaran yang dipilih dan dikembangkan guru hendaknya dapat mendorong siswa untuk belajar dengan mendayagunakan potensi yang mereka miliki secara optimal. Belajar yang kita harapkan bukan sekedar mendengar, memperoleh atau menyerap informasi yang disampaikan guru.

2.             Tujuan Model Pembelajaran
a.    Meningkatkan kinerja siswa dalam tugas-tugas akademik
b.    Agar siswa menerima teman-temannya yang mempunyai berbagai macam latar belakang
c.    Mengembangkan keterampilan social siswa
d.   Kemampuan berfikir agar lebih tanggap,cermat,dan melatih daya nalar
e.    Membina dan mengembangkan sikap ingin lebih tahu
f.     Mengembangkan aspek koknitif,afektif dan pisikomotorik
g.    Mengembangkan sikap, keterampilan kepercayaan murid dalam memutuskan secara tepat dan obyektif
h.    Meningkatkan keaktifan siswa
i.      Meningkatkan hasil belajar siswa

3.             Jenis-jenis model pembelajaran
a.    Model pembelajaran kontekstual
b.    Model pembelajaran kooperatif
c.    Model pembelajaran kuantum
d.   Model pembelajaran terpadu

v   TES FORMATIF

1.             Salah satu jenis model pembelajaran di bawah ini adalah…
a.    Model pembelajaran individu
b.    Model pembelajaran kelompok
c.    Model pembelajaran terpadu
d.   Model pembelajaran IPA

2.             Pembelajaran yang memungkinkan siswa baik secara individual maupun kelompok aktif mencari, menggali, dan menemukan konsep serta prinsip secara holistic adalah …
a.    Model pembelajaran kontekstual
b.    Model pembelajaran kooperatif
c.    Model pembelajaran kuantum
d.   Model pembelajaran terpadu

3.             Agar siswa menerima teman-temannya yang mempunyai berbagai macam latar belakang termasuk …
a.    Latar belakang
b.    Model Pembelajaran
c.    Tujuan model pembelajaran
d.   Fungsi model pembelajaran

4.             Yang bukan merupakan jenis model pembelajaran adalah …
a.    Model pembelajaran kontekstual
b.    Model pembelajaran kooperatif
c.    Model pembelajaran kuantum
d.   Model pembelajaran individu

5.             Dibawah ini yang termasuk fungsi model pembelajaran menurut Joyne & Weil adalah …
a.    Memberikan perbaikan terhadap pembelajaran
b.    Mengembangkan keterampilan social siswa
c.    Meningkatkan keaktifan siswa
d.   Meningkatkan hasil belajar siswa

Cocokanlah jawaban anda dengan kunci jawaban tes formatif 1 yang terdapat dibagian akhir modul ini. Hitunglah jawaban yang benar. Kemudian, gunakan rumus berikut untuk mengetahui tingkat penguasaan anda terhadap materi kegiatan belajar 1
Jumlah jawaban yang benar  
Tingkat penguasaan =                                                 X 100%
                                                Jumlah soal
 


Arti tingkat penguasaan : 90 – 100% = baik sekali
                                         80 – 89 % = baik
                                         70 – 79% = cukup
                                                < 70%= kurang
Apabila mencapai tingkat penguasaan 80% atau lebih, anda dapat meneruskan dengan kegiatan belajar 2. Bagus! Jika masih dibawah 80% anda harus mengulangi materi kegiatan belajar 1, terutama bagian yang belum dikuasai.



KUNCI JAWABAN TES FORMATIF

Tes formatif 1                                                                Tes Formatif 2
1)   D                                                                   1)  C
2)   D                                                                   2)  D
3)   B                                                                   3)  C
4)   C                                                                   4)  D
5)   A                                                                   5)  A







No comments:

Post a Comment