Wikipedia

Search results

Sunday, February 5, 2017

seni tari dan pengertiannya



SENI TARI

A.    Pengertian Seni Tari
Seni tari ialah suatu gerak badan yang secara berirama yang dilakukan ditempat serta waktu tertentu untuk keperluan pergaulan, mengungkap perasaan, maksud, serta pikiran. Bunyi-bunyian yang dimaksud ialah musik pengiring tari mengatur suatu gerakan penari serta menguatkan sebuah maksud yang mau di sampaikan.
Berikut pengertian seni tari menurut para ahli :
·         Menurut Bastomi Seni adalah penjelmaan rasa indah yang terkandung dalam jiwa orang, dilahirkan dengan perantaraan alat-alat komunikasi dalam bentuk yang dapat ditangkap oleh indera dengar (seni musik), indera pandang (seni lukis), atau dilahirkan dengan perantaraan gerak (seni tari), oleh karena itu seni merupakan hasil aktifitas kreatif seseorang, maka seni mempunyai sifat bergerak dan hidup. Seni tari diciptakan dengan dasar gerak tubuh.[1]
·         Menurut Hidajat Seni tari yang berkembang di masyarakat dapat dibedakan menjadi tari tradisional dan tari modern.
Tari tradisional dapat diartikan sebagai sebuah tatacara  menari atau menyelenggarakan tarian yang dilakukan oleh sebuah komunitas etnik secara turun-temurun dari satu generasi ke generasi selanjutnya.
Tari modern dapat diartikan sebagai bentuk tarian yang merupakan ciptaan kaum muda dan sifatnya hanya mencari popularitas dengan menciptakan rangkaian gerak yang sedang ngetren dan umumnya bentuk tarian ini tidak digemari lama oleh masyarakat.

B.     Fungsi Seni Tari
Secara umum, fungsi seni tari adalah sebagai hiburan, media pergaulan, media pendidikan dan pertunjukan. Seni tari mempunyai fungsi yang berbeda-beda tergantung jenisnya. Berikut beberapa fungsi dari seni tari ialah :
1.      Tari  sebagai  sarana  upacara
Merupakan  media  persembahan  atau pemujaan  terhadap  kekuatan  gaib  yang  banyak  digunakan  oleh masyarakat  yang  memiliki  kepeercayaan  animisme  (roh-roh  gaib), dinamisme (benda-benda yang mempunyai kekuatan), dan totemisme (binatang-binatang  yang  dapat  mempengaruhi  kehidupan)  yang disajikan  dalam  upacara  sakral  ini  mempunyai  maksud  untuk mendapatkan  keselamatan  atau  kebahagiaan.  Fungsi  tari  sebagai sarana upacara dapat  dibedakan menjadi  tiga,  yaitu  untuk upacara keagamaan, upacara  adat  berkaitan  dengan peristiwa alamiah,  dan upacara adat berkaitan dengan peristiwa kehidupan manusia.


2.      Tari  sebagai  hiburan
Dimaksudkan  untuk  memeriahkan  atau merayakan   suatu   pertemuan.   Tari  yang  disajikan  dititikberatkan bukan  pada  keindahan  geraknya,  melainkan   pada segi hiburan. Tari   hiburan  pada  umumnya  merupakan  tarian  pergaulan atau social  dance.
3.      Tari  sebagai  pertunjukan
Yaitu  tari  yang  bertujuan  untuk  memberi pengalaman estetis  kepada penonton.  Tari  ini  disajikan  agar  dapat memperoleh tanggapan apresiasi sebagai suatu hasil seni yang dapat memberi kepuasan pada mata dan hati penontonnya, oleh karena itu, tari  sebagai  seni  pertunjukan  memerlukan  pengamatan  yang  lebih serius dari pada sekedar untuk hiburan. Untuk itu tari yang tergolong sebagai  seni  pertunjukan/tontonan  adalah  tergolong  performance, karena pertunjukan tarinya lebih mengutamakan bobot nilai  seni dari pada tujuan lainnya.
4.      Tari  sebagai  Media  Pendidikan
Yaitu  tari  yang  bersifat  untuk mengembangkan kepekaan estetis melalui kegiatan berapresiasi dan pengalaman berkarya kreatif.
5.      Tari sebagai Sarana Penyaluran Terapi
Tari jenis ini ditunjukkan untuk yang berkebutuhan khusus seperti penyandang cacat fisik. Penyalurannya dilakukan secara langsung  dan tidak langsung.
6.      Tari sebagai Sarana Pergaulan
Tari jenis ini merupakan tari yang melibatkan beberapa orang. maka dari itu kegiatan itu bisa berfungsi sebagai sarana pergaulan.[2]


[1] http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jst
[2] Harmonia jurnal pengetahuan dan pemikiran seni

1 comment:

  1. Toto - La Presse de la Toto 2021 - Lacbet 메리트카지노 메리트카지노 메리트카지노총판 메리트카지노총판 239Betway Review 2021 | Welcome Bonus up to $2,000 크레이지 슬롯 추천

    ReplyDelete