Wikipedia

Search results

Sunday, February 5, 2017

SENI dan PENGETIANNYA PARA AHLI

SENI MUSIK

A.      Pengertian Musik Menurut Ahli
Banyak orang telah mencoba merumuskan pengertian tentang musik yang ditinjau dari sudut-sudut tertentu. Walaupun demikian disini kita akan mengemukakan beberapa definisi tentang musik, untuk saling melengkapi pengertian serta penghayatan kita terhadap musik. Karena untuk dapat menghayati dan menghargai musik, terlebih dahulu harus kita ketahui apakah sebenarnya musik itu. Berikut adalah beberapa definisi tentang musik.
1.    De La Court dan Cryns
Mengatakan: “segala bangsa bernyanyi dan berbuat musik sifat nada-nadanya di mana-mana tidak sama, bunyi-bunyiannya berlain-lain tetapi maksudnya selamanya sama. Dengan nyanyian dan musik orang hendak mengeluarkan perasaan, suasana hati serta keinginannya”.
2.    Wouter Paap
Dalam buku “Manusia dan Musik” terjemahan J.A. Dungga mengatakan: “musikk itu sebagai ucapan dan tenaga batin dan tenaga penggambar dari gerak rasa seperti sudah dikatakan di atas dalam suatu suara yang berirama, yang ditimbulkan oleh suatu pengalaman jiwa, didorong oleh inspirasi dan yang diterima oleh pendengar sebagai permainan yang menjiwai perbandingan nada-nada”.
3.    J.A. Dungga
Dalam buku “Hal ihwal Musik” mengatakan: “musik mulai dimana kata-kata tak cukup lagi”.
4.    Jamalus
Menurut Jamalus menyatakan bahwa musik ialah sebuah hasil karya seni berupa bunyi dalam suatu bentuk lagu atau komposisi yang mengungkapkan sebuah pikiran dan perasaan penciptanya melalui suatu unsur-unsur pokok musik yakni irama, melodi, harmoni, dan suatu bentuk atau struktur lagu serta ekspresi sebagai suatu kesatuan.
5.    Suhastjarja
Seorang dosen senior Fakultas Kesenian Institut Seni Indonesia Yogyakarta, mengemukakan pendapatnya mengenai musik adalah ungkapan rasa indah manusia dalam bentuk konsep pemikiran yang bulat, dalam wujud nada-nada atau bunyi lainnya yang mengandung ritme dan harmoni serta mempunyai suatu bentuk dalam ruang waktu yang dikenal oleh diri sendiri dan manusia lain dalam lingkungan hidupnya sehingga dapat dimengerti dan dinimkatinya.
Kesimpulan yang dapat kita ambil dari bermacam-macam definisi di atas ialah bahwa seseorang bermusik dengan maksud tertentu yaitu ingin menyatakan apa yang terkandung di dalam perasaan, pikiran dan isi hatinya; apakah itu perasaan gembira, sedih, agung dll.[1]

B.       Fungsi Musik Menurut Ahli
1.    Jazuli
Fungsi musik secara global adalah sebagai sarana hiburan,  namun dalm masyarakat sekarang fungsi seni mempunyai kekhususan masing-masing sesuai dengan kondisi masyarakat pendukungnya.
2.    Alan P. Merriam
Dalam bukunya The Anthropology Of Music menyatakan ada 10 fungsi dari musik secara khusus, yaitu :
a.    Fungsi Musik Sebagai Ungkapan Emosional
Jadi musik sendiri sebagai sarana ungkapan emosi. sebut saja seorang musisi yang mengadakan konser tunggal, tujuan musisi mengadakan konser tunggal untuk meluapkan rasa emosi yang ada dihati dan memberikan yang terbaik buat pennton agar penonton merasakan rasa emosi di setiap musik yang didengarkan.


b.   Fungsi Musik Sebagai Penghayatan Estetis
Musik ialah sebuah karya seni, sebagai karya seni harus mempunyai nilai estetis atau keindahan di dalamnya. dari melalui musik ini pendengar bisa merasakan keindahan dari suara yang telah dihasilkan oleh musik tersebut.
c.    Fungsi Musik Sebagai Hiburan
Setiap orang suka mendengarkan musik, saat sedang merasakan sedih suka mendengar alunan musik yang menyenangkan bukan? agar kita terhibur oleh alunan musik ataupun supaya menghilangkan rasa bosan.
d.   Fungsi Musik Sebagai Komunikasi
Di setiap daerah, musik memiliki sebuah arti disetiap daerah nya masing-masing dan hanya bisa dimengerti oleh warga daerah tersebut, ini bisa dilihat dari teks atau pun di setiap melodinya.
e.    Fungsi Musik Sebagai Perlambangan
Musik bisa melambangkan suatu hal, contoh nya ada musik yang memakai temponya lambat dan rata-rata musik yang menggunakan tempo yang lambat mempunyai syair lagu yang sedih sehingga musik itu melambangkan perasaan tentang kesedihan.
f.     Fungsi Musik Sebagai Reaksi Jasmani
Musik juga memiliki manfaat bagi tubuh kita agar bisa merangsang otot kita untuk bergerak agar tidak kaku, contoh nya musik sebagi alat untuk senam irama.
g.   Fungsi Musik Dalam Norma Sosial
Musik juga memiliki manfaat untuk mengajarkan dan meneruskan norma-norma yang sudah ada karena syair lagu nya mempunyai arti kandungan aturan-aturan sosial.
h.   Fungsi Musik Dalam Pengesahan Lembaga Sosial
Musik bisa juga digunakan untuk pengesahan sakral pada suatu lembaga sosial, tapi bukan untuk sebagai pengiring.
i.     Fungsi Musik Dalam Kesinambungan Budaya
Fungsi musik ini tidak jauh dari fungsi normal sosial, didalam ajaran budaya juga diajarkan sebuah sistem budaya agar dari genarasi ke generasi selanjutnya melalui musik ini.
j.      Fungsi Pengintegrasian Masyarakat
Fungsi musik satu ini Sebuah musik saat dimainkan secara bersama-bersama, dan secara tidak sadar sudah menimbulkan rasa kebersamaan diantara pemain musik ataupun penikmat musik itu sendiri.[2]


[1] Lento, Pelajaran Seni Musik Praktis untuk SMP dan yang Sederajat, (Jakarta: Aries Lima, 1979), hlm. 102
[2] journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jsm/article/view/4058/3689

No comments:

Post a Comment