Wikipedia

Search results

Sunday, February 5, 2017

Fungsi Seni Musik



A.      Fungsi Seni Musik
Musik  dan manusia seperti halnya bagian dari dua sisi mata uang yang sulit untuk dipisahkan. Keduanya saling mengisai dan melengkapi . Manusia yang memiliki kebutuhan rohani selain kebutuhan fisik ,  merasa perlu mengisinya dengan hiburan, seperti mendengarkan alunan musik atau mengungkapkanperasaan melalui musik. Seamentaraitu , musik tidak akan pernah ada jika  tanpa kehadiran manusia sebaai penciptanya.
Musik berkembang keberadaanya selain sebagai hiburan ,  juga sebagai ekspresi dari cipta rasa dan karya,dan  karsa manusia. Musik sebagai ekspresi cipta, rasa, karya,  dan karsa manusia disebut juga dengan musik tradisional.
Musik bagi manusia mempunyai fungi sebagai berikut :
1.         Psikologis (kejiwaan )
Karya music dapat memengaruhi jiwa manusia, mampu membangkitkan semangat atau melemahkan semangat, misalnya pada lagu – lagu perjuangan dan kebangsaan.
2.         Pedagogis(Pendidikan)
Karya music daapt dipakai dan sangat penting dipaki sebagai perantara di dalam pendidikan, misalnya lagu kanak-kanak dan anak-anak.
3.         Sosiologis
Musik oleh manusia dipakai sebagai kawan yang dapat membantu atau sebagai perantara dalam kehidupan sehari-hari, misalnya lagu bekerja, untuk keagamaan, iringan tari, drama, film,  peragaan pakaian, pengobatan, pesta, acara di radio dan tv, politik.
4.         Kultural (kebudayaan)
Musik merupakan salah satu hasil kebudayaan manusia. Musik dapat merupakan suatu hasil kebudayaan yang mempunyai nilai seni yang tinggi.
5.         Historis (Sejarah)
Di dalam tingkatan (nilai) perkembangan peradaban manusia, music pun tidak ketinggalan di dalam keikutsertaan untuk menentukan tingkatan  peradaban manusia pada umumnya. Jadi, karya  musik  merupakan salah satu tiang/unsur  di dalam menegakkan sejarah manusia.

Fungsi seni musik bagi masyarakat adalah sebagai berikut :
1.         Sarana upacara adat dan keagamaan, seni musik biasanya digunakan untuk mengiringi upacara adat atau keagamaan.
2.         Mengiringi tarian adat dan pertunjukan, seni musik digunakan untuk mengiringi lagu-lagu daerah.
3.         Seni musik digunakan sebagai media bermain. Misalnya saja pada permainan cublak-cublak suweng yang biasanya digunakan dalam permainan cublak-cublak suweng.
4.         Sebagai hiburan, dengan  mendengarkan musik seseorang akan menghilangkan rasa bosan, sedih, dan menghibur hati seseorang tergantung jenis music yang didengarkan.

Secara umum fungsi musik terdiri dari:
1.         Fungsi Musik Sebagai Ungkapan Emosional
Jadi musik sendiri sebagai sarana ungkapan emosi. sebut saja seorang musisi yang mengadakan konser tunggal, tujuan musisi mengadakan konser tunggal untuk meluapkan rasa emosi yang ada dihati dan memberikan yang terbaik buat pennton agar penonton merasakan rasa emosi di setiap musik yang didengarkan.
2.         Fungsi Musik Sebagai Penghayatan Estetis
Musik ialah sebuah karya seni, sebagai karya seni harus mempunyai nilai estetis atau keindahan di dalamnya. dari melalui musik ini pendengar bisa merasakan keindahan dari suara yang telah dihasilkan oleh musik tersebut.
3.         Fungsi Musik Sebagai Hiburan
Setiap orang suka mendengarkan musik, saat sedang merasakan sedih suka mendengar alunan musik yang menyenangkan bukan? agar kita terhibur oleh alunan musik ataupun supaya menghilangkan rasa bosan.
4.         Fungsi Musik Sebagai Komunikasi
Di setiap daerah, musik memiliki sebuah arti disetiap daerah nya masing-masing dan hanya bisa dimengerti oleh warga daerah tersebut, ini bisa dilihat dari teks atau pun di setiap melodinya.
5.         Fungsi Musik Sebagai Perlambangan
Musik bisa melambangkan suatu hal, contoh nya ada musik yang memakai temponya lambat dan rata-rata musik yang menggunakan tempo yang lambat mempunyai syair lagu yang sedih sehingga musik itu melambangkan perasaan tentang kesedihan.
6.         Fungsi Musik Sebagai Reaksi Jasmani
Musik juga memiliki manfaat bagi tubuh kita agar bisa merangsang otot kita untuk bergerak agar tidak kaku, contoh nya musik sebagi alat untuk senam irama.
7.         Fungsi Musik Dalam Norma Sosial
Musik juga memiliki manfaat untuk mengajarkan dan meneruskan norma-norma yang sudah ada karena syair lagu nya mempunyai arti kandungan aturan-aturan sosial.
8.         Fungsi Musik Dalam Pengesahan Lembaga Sosial
Musik bisa juga digunakan untuk pengesahan sakral pada suatu lembaga sosial, tapi bukan untuk sebagai pengiring.
9.         Fungsi Musik Dalam Kesinambungan Budaya
Fungsi musik ini tidak jauh dari fungsi normal sosial, didalam ajaran budaya juga diajarkan sebuah sistem budaya agar dari genarasi ke generasi selanjutnya melalui musik ini.
10.     Fungsi Pengintegrasian Masyarakat
Fungsi musik satu ini sebuah musik saat dimainkan secara bersama-bersama, dan secara tidak sadar sudah menimbulkan rasa kebersamaan diantara pemain musik ataupun penikmat
musik itu sendiri.

No comments:

Post a Comment