Wikipedia

Search results

Sunday, February 5, 2017

Seni Rupa Sekolah



A.      Seni Rupa Sekolah
Sejak dilahirkan, seorang anak telah diperkenalkan kepada seni sebagai sesuatu yang sangat mendasar dalam budayanya. Dalam kesehariannya anak-anak dipenuhi dengan bunyi dan citra bergambar.
Ketika anak memasuki dunia sekolah, khususnya sekolah dasar seni yang merupakan seluruh inti dari budayanya ternyata kurang dihargai. Seni dalam konteks pendidikan di sekolah menjadi kurang penting dan kurang dipahami. Untuk mengembalikan esensi pendidikan seni agar tidak terjadi kesalah pahaman dalam menyelenggaraannya di sekolah dasar sebagai bagian penting dari keseluruhan proses pendidikan dan perkembangan anak, seluruh aspek yang terkait penyelenggaraan pendidikan seni perlu memahami keterkaitan antara keduanya (pendidikan dan seni) sebagai sarana perkembangan intelektual dan emosi manusia (anak), sebagai sarana bagi pemenuhan diri.
(Tim Pengembang Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia, 2007, 415 : 417) Jenis-jenis atau bidang pendidikan seni yang dipelajari disekolah dasar ada empat jenis atau bidang, di dalam pembelajaran seni yaitu seni rupa, seni musik, seni tari, dan seni drama.
Bidang Seni rupa memfokuskan pada pencitraan dan objek yang dibuat, ditunjukkan dan diapresiasi siswa sekolah dasar. Melalui pembelajaran seni rupa siswa terlibat dalam pengalaman untuk mengembangkan ungkapan pribadi, pertimbangan estetika dan kesadaran kritis. Para siswa mendapatkan kepuasan dan kenikmatan dari berkarya dan memamerkan hasil karyanya.
Melalui proses berkarya, para siswa sekolah dasar mengomunikasikan gagasan, perasaan, pengalaman dan pengamatan atas dunia mereka. Kegiatan memamerkan karya secara formal dan informal memberikan siswa pengalaman untuk memberi dan menerima tanggapan dalam konteks pribadi, publik dan masyarakat. Aktivitas pameran sederhana dapat dilakukan di dalam kelas dengan guru dan rekan sekelas sebagai penanggap atau apresiannya.
Materi pelajaran yang diberikan adalah :
1.      Menggambar
2.      Mematung
3.      Mencetak
4.      Menempel
Tujuan pengajaran menggambar di sekolah dasar adalah untuk menjadikan anak pintar menggambar melalui latihan koordinasi mata dan tangan.

No comments:

Post a Comment